Solo Traveling Menuju Wakatobi (bag. 4: I'm in Love with Tomia and Diving)

10 Maret 2013

Biasanya saya kalo lagi traveling seneng banget bangun pagi (tapi kalo sampe ngejar sunrise sih masih belom bisa, hehehe). Saya langsung siapin perlengkapan tempur buat ngelaut, dengan perasaan masih gak karuan ngebayangin diving. Bisa gak ya saya diving, bakal nemuin apa di dalem, gimana kalo saya panik, dan ketakutan-ketakutan lain yang menyertai. Selesai siap-siap saya sarapan di penginapan, nasi goreng plus telor, lumayanlah buat asupan energi buat seharian di kapal. Jam 6.30, dr. yudi dateng dan bilang kalo nanti kapal berangkatnya sekitar jam 8.00, trus abis itu dia ngilang lagi (belakangan baru saya sadar kalo dr. Yudi ini sering dateng dan tiba-tiba ngilang, hayolooohhh). Jam 7.30, Taufik dateng ke penginapan, dia memutuskan untuk ikut diving bareng dr. Yudi juga, gak lama dr. Yudi dateng lagi buat jemput kita ke kapalnya. Di kapal udah menunggu beberapa orang yang berasal dari Kompas TV dan satu orang perempuan yang ternyata solotraveler juga dan tinggal di penginapan saya juga.

Tipikal orang media, rame, lucu, dan gampang akrab, saya yang awalnya malu-malu, lama-lama jadi malu-maluin, hehehe. Dari hasil ngobrol-ngobrol, mereka ini lagi liputan untuk acara Teroka, yang host-nya Cahyo Alkantana (tapi sang host udah pulang duluan, krn Tomia adalah spot terakhir). Si female solotraveler, Natisha, cerita kalau ini adalah pengalaman kedua dia solotraveling, yang pertamanya ke Komodo, dan dia gak kapok tuh. Tuuhhkaann, ternyata saya gak aneh kan kalo nekat solotraveling, hehehe. Di spot pertama saya belum ikut turun, karena mereka mengincar hiu di kedalaman 20 meter kebawah, jadi untuk pemula macam saya belum boleh, akhirnya saya dan Taufik snorkeling di sekitar kapal aja. Begitu kepala dimasukin ke air, gileeee..spot snorkelingnya aja bagus banget begini, gimana diving yak. Coralnya masih sehat dengan warna-warni yang cantik, bikin pengen megang, tapi sayangnya dilarang ya, daripada coralnya rusak. Gerombolan ikan juga hal yang biasa waktu snorkeling, mereka kayaknya gak canggung didatengin pendatang macem saya. Lucu! :D. Gak kerasa udah hampir sejam saya snorkeling, saya disuruh naik ke kapal karena rombongan diver udah muncul ke permukaan.

alam bawah laut saat saya snorkeling

Kapal melaju menuju spot berikutnya, Fan 38. Sebelum turun, saya dan Taufik di briefing dulu tentang kondisi umum dalam laut dan bagaimana kita menghadapinya. Karena dr. Yudi sendirian, jadi hanya bisa membawa satu orang untuk discovery diving. Akhirnya diputuskanlah kalau Taufik yang mendapat giliran pertama (aduuhh, makin deg-degan nih saya). Setelah menunggu beberapa lama, tibalah giliran saya, pasang pemberat, masker, BCD, dan fin yang terakhir, setelah dilaut, beban berat langsung tidak terasa. Saya mencoba menghirup udara dari regulator, tapi panic melanda, saya seakan-akan tidak bisa bernapas, cukup lama juga saya terserang rasa panic gak bisa napas ini, untungnya dr. Yudi sabar ngasih semangat (mmm..kayaknya sih sebenernya dia udah gregetan pengen menenggelamkan saya). Akhirnya setelah saya mencoba, dan sudah tidak panik, saya langsung dibawa menuju hamparan dinding coral warna-warni. Subhanallooohh, keindahannya membuat saya lupa kalau saya tadinya panic gak bisa napas. Ikan bersliweran gak peduli kalau ada alien yang masuk ke dunianya. Di kedalaman 12 meter, dr. Yudi memberi tanda kalau ada penyu di samping kanan saya. Begitu saya nengok, makhluk lucu itu lewat dengan anggunnya, seolah terlukis senyuman di wajahnya. Kita pun berenang mengejar si penyu, sampe kedalaman 15 meter dan dia berbelok ke bluewater. Saat itu juga saya langsung ditarik dr. Yudi kembali ke 10 meter. Hamparan koral tanpa ujung dan tarian ikan-ikan, membuat saya lupa kalau saya ada di dunia lain, dunia bawah laut yang untuk sebagian orang menakutkan, begitu menarik buat saya. Setelah  saya dibawa ke permukaan, saya tidak sadar kalau sudah 45 menit saya berada di “dunia lain”.

sayang ya maskernya mesti bocor :(

Perasaan saya diving pertamakali itu kayak janjian blind date, dan ternyata menemukan kalo orangnya ganteng dan nyambung sama kita, didukung tempat yang romantis, gak bakal lupa deh sama kencan pertamanya (tapi saya belum pernah blind date sih :p). Di kapal, dr. Yudi kasih review tentang penyelaman pertama saya. Ibaratnya raport, mungkin sebanding dengan beberapa angka merah kali yaa, hehehe.. saya disarankan untuk lebih rileks lagi di dalam air, belajar berenang lagi, kayuhan kakinya juga se-efisien mungkin, dan masalah utamanya adalah buoyancy atau keseimbangan badan di dalam air, okey..noted!

Begitu menyentuh daratan, baru terasa kalau badan saya lelah luar biasa. Setelah mandi dan bebersih, saya berkumpul bersama tim diving tadi siang di Hotel Terapung, tempat mereka menginap. Obrolan mengalir begitu saja, mulai dari membahas diving sampai Nicholas Saputra. Dibandingkan mereka-mereka ini, travel log saya paling sedikit, bahkan Natisha, ke Tomia bukan pengalaman solotraveling-nya yang pertama, sebelumnya pernah ke Komodo sendirian juga, aduuhh..minder saya! *ngumpet. Ujung-ujungnya, tim Kompas TV meracuni saya, Natisha dan Taufik yang seharusnya besok berangkat menuju Wanci, untuk extend 1 hari lagi di Tomia daripada menghabiskan 1 hari di Wanci. Jujuurrr, pilihan yang berat buat saya. Natisha sih harus masuk kantor lusa, sedangkan Taufik sudah janjian dengan temannya di Wanci, naahh..saya nih yang masih galau.

Semalaman saya berpikir plus bertanya ke teman saya yang pernah di Wakatobi, akhirnya saya memutuskan untuk extend 1 hari di Tomia. Alasannya saya jatuh cinta dengan underwater Tomia. Saya masih mau belajar menyelam lagi, mumpung sedang berada di surganya penyelam. I’m still here, Tomia..

dermaga Tomia, tempat semua berawal dan berakhir

11 Maret 2013

Saya bangun dengan senyum, hari ini saya akan menyelam lagi, yeeaayy.. Saya mempersiapkan bawaan untuk diving plus sarapan. Setelah siap, saya, Natisha dan Taufik menuju Hotel Terapung dulu untuk berkumpul sebelum mereka berangkat ke Wanci. Ternyata dr. Yudi dan 2 orang dari tim Kompas TV sedang menyelam dari pagi tadi (khusus advanced diver sih ini :p), nanti sekitar jam 10 mereka kembali untuk menjemput kita yang beginner, hehehe..

Saat mendengar kabar kalau kapal menuju Wanci akan berangkat, saya, Taufik, Natisha, Iqbal, Aris, dan Bang Inul segera menuju pelabuhan, untuk mengantar Taufik dan Natisha, sekaligus foto-foto sebelum mereka berdua berangkat.

menjelang kepulangan Taufik dan Natisha

Hampir jam 10.30, kapal dr. Yudi datang, kali ini giliran kita yang bertolak dari dermaga menuju spot diving, yippiiieee!! Spot yang saya singgahi kali ini adalah Magnifica, Mari Mabuk dan Roma. Underwater-nya tidak sedalam kemarin tapi tetap cantik, masih dengan warna-warni coral (termasuk seafan coral yang berlimpah itu),  ikan-ikan yang lucu yang kayaknya tidak tampak terganggu dengan kehadiran kita disana, dan diving kali ini pula saya dapet bonus difotoin bang Rian (produsernya acara Teroka Kompas TV) waktu lagi diving. Bisa dibilang diving hari ini saya puaaasssss bangeetttt!!!

saya dan seafan yang banyak banget di Tomia

Kalau pepatah bilang "tak ada gading yang tak retak", itu bener bangeett deh. Kesempurnaan hari ini ternoda dengan drybag saya yang bocor, dan mengakibatkan hape, blackberry dan powerbank saya mati total, hiks :((. Alhasil seharian itu saya tidak bisa update status (tetep yeee :p) dan tidak bisa dihubungi, hampir semua keluarga saya di jakarta panik, ya iyalaahhh..

anggota dive trip dari Kompas TV

Untungnya kesialan hari ini tidak membuat saya menyesal untuk extend di Tomia, karena ya mau gimana lagi yaaaa, namanya juga musibah (padahal nangis di pojokan, hehehe), tapi pengalaman yang saya dapat hari ini jauh lebih berharga. Saya semakin banyak tau spot-spot diving di Tomia, teknik menyelam saya juga mengalami kemajuan, dan saya juga memiliki foto underwater yang kece :p