I'm a dentist and I'm travelling


Sebagai seorang dokter gigi, saya lulus dari FKG Unpad tahun 2009, sejak itu karir dokter gigi saya bisa dibilang pindah-pindah. Yaahh..yang namanya dokter gigi baru lulus dan gak punya koneksi itu susaaaahh bener loh cari kerjanya, cari kerja yang layak tepatnya sih, hehehe.. Praktek pertama saya setelah pindah ke Jakarta adalah di klinik gigi di daerah Depok, yang sebenernya lumayan jauh dari rumah, tapi yaaa demi sesuap nasi saya jalanin juga. Selain disana saya juga praktek di daerah Karangtengah, Cinere, kalau yang ini sih deket banget dari rumah. Saya ngejalanin ini selama kurang lebih 7 bulan. Walaupun udah kerja keras tetep aja saya ngerasa penghasilan dari praktek ini masih kuraaaang banget, gak ada setengahnya gaji insinyur sebulan. Praktek serabutanpun akhirnya saya jalanin, tapi tetep aja masih kerasa kurang, malahan di beberapa klinik saya cuma dapet capek aja.

Awal Mei 2010, saya memberanikan diri daftar PTT, saya pilih mengabdi di Kabupaten Rote Ndao, NTT, alasannya simpel aja, saya pengen jalan-jalan, tapi gamau terlalu jauh seperti di Papua atau Maluku. Setelah browsing dan tanya-tanya senior yang ada disana, akhirnya saya membulatkan tekad memilih Kab. Rote Ndao. Sekitar 2 minggu kemudian, pengumuman penerimaan dokter dan dokter gigi PTT keluar, setelah memasukan nomor STR, Alhamdulillaaahh..nama saya termasuk diantara yang akan berangkat. Yang bilang PTT itu tersiksa SALAH BANGEETTT!! Tergantung kita menyikapinya gimana sih. Untuk yang selalu mendapat kemudahan dalam hidupnya sih pasti gak akan tahan, tapi asal dinikmati semua jadi lebih mudah kok. Kapan lagi saya bekerja cuma sampe jam12 siang, sorenya ke pantai, weekend piknik ke desa tetangga, dan dapet gaji gede lagi, sejaraahh tuh buat saya, hahaha..


Teman-teman PTT Kabupaten Rote Ndao



Kapan lagi nonton kompetisi surfing internasional?


Staf Puskesmas Baa

Akhir November 2010, saya pulang PTT, dan kembalilah saya menjalani praktek seperti dulu, gak ada santai-santai kayak di Rote. Saya kembali praktek di Karangtengah (Cinere), Pondok Labu, dan Kemang, bahkan sempat pula berganti-ganti klinik. Hampir 5 bulan saya menjalani praktek seperti itu lagi, dan lagi-lagi saya bosan udah kerja capek tapi cuma dapet gaji gak seberapa, padahal saya berencana menikah dan butuh tambahan tabungan. Saya bahkan sempat mendaftar kerja kantoran sebagai claim analyst di sebuah perusahaan asuransi, tapi karena interview dilakukan 2 minggu sebelum saya menikah, dan mereka membutuhkan staf segera, terpaksalah saya melepas pekerjaan tersebut.

Saya menikah di pertengahan Mei 2011, dan emang rejekinya, saya dapat tawaran dari International SOS untuk menjadi dokter gigi pengganti di KPC (Kaltim Prima Coal) di Sangata, Kalimantan Timur. Setelah saya melalui serangkaian tes dan wawancara, diajukan kontrak selama 1,5 bulan disana dengan gaji harian, yang kalo ditotal sebulan sih lebih gede dari PTT yaaa, hehehe.. Tanpa pikir-pikir saya terima aja, toh cuma 1,5 bulan ini, dulu PTT 6 bulan gak kerasa kok. Disana saya mendapat pasien yang kelakuannya aneh-aneh dan banyaaaak banget, sehari minimal 12 orang, dengan jam kerja dari jam 8.00 - 16.00 atau 10.00 - 18.00. Beda jauh sih kalau dibandingin PTT, masing-masing ada enaknya, dan ada gak enaknya juga. Enaknya disini saya cuma kerja aja, urusan transportasi, akomodasi, konsumsi terjamin deh, bahkan rumah tinggalnya enaaaak banget, di tengah hutan pinus (persis kayak film Twilight) dengan fasilitas lengkap. Tapi yaaa gak enaknya gak bebas jalan-jalan, lagian pantai disini juga gak bagus.


Suasana SOS KPC Site


Selesai kontrak saya kembali ke Jakarta, belum seminggu udah dapet tawaran untuk naik ke KPC lagi bulan September 2011, tapi saya tolak, karena belum diijinin sama suami kalo September, akhirnya saya kembali praktek di tempat lama di Karangtengah Cinere, dan sempat beberapa hari menggantikan teman di Ciganjur. Awal Oktober, teman saya minta menggantikan tugasnya sebagai dokter gigi visitor di PT Newmont Nusa Tenggara, Sumbawa, dikirim sama SOS juga sih. Karena cuma visiting aja, dokter gigi disana hanya seminggu. Pasiennya lebih sedikit dan lebih baik-baik dibandingkan KPC. Enaknya disini banyak pantai cantik, sayang saya cuma sempet ke satu pantai saja, udah keburu disuruh pulang sih, hehehe.

Sekarang saya praktek (masih) di Karangtengah Cinere dan Kebayoran, tepat di seberangnya RSPP. Ada yang mau perawatan atau sekedar konsultasi aja? silahkan komen di bawah sini yaaa..

Komentar

  1. numpang lewat dan mampir baca. menarik...dan menyenangkan. ternyata sesederhana apapun hidup kita, selalu menyediakan sisi menarik yang bisa dibagi dengan orang lain. salam, frans

    BalasHapus
  2. numpang lewat dan mampir baca. menarik...dan menyenangkan. ternyata sesederhana apapun hidup kita, selalu menyediakan sisi menarik yang bisa dibagi dengan orang lain. salam, frans

    BalasHapus
  3. Mau tanya, waktu tes dan wawancara di SOS itu apa saja yang di tes dan wawancaranya bahasa inggris ? Terima kasih

    BalasHapus
  4. menurut anda sistem kerja di SOS tu terikat gag? kan 6 bulan krja stelah tu libur istilahx turun stelah tu kerja lagi 6 bulan...tu berlangsung selama berapa tahun? apa kita bisa lepas dr SOS klo modelx seperti itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. terikat, saya kurang tau berlangsung berapa lama, tergantung kontrak kerjanya, karena saya hanya pengganti, maka tidak mengikat seperti pegawai permanen

      Hapus
  5. mohon info secepatx mbak,,,saya lagi bingung....

    BalasHapus
  6. wah keren dok, ceritanya. anak pantai juga ternyata.

    BalasHapus
  7. ajuuuuuuuhhhhh,,,sakiiiittttttttt
    dimana sih dokter gigi area cinere?????
    sakiiiiitt,,,,,ampun dah!!

    BalasHapus
  8. Dok..mohon infonya bgamana cara dapat info lowongan kerja drg di kpc atau pt newmont dok?please emailkan ke sy ya dok.email: wira.zeko@yahoo.com.terima kasij.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Serba-serbi Blok Mandibular

Saya dan APD gemesh-gemesh