Hal-hal yang bisa dihemat dalam traveling

Sering bangeet saya dapet kecaman "kok lo jalan2 mulu siih, enak banget hidup lo", hahaha..saya cuma bisa berucap amiiiiinnn aja, gimanapun juga didoain itu.

Saya cuma mau meluruskan sedikit, saya gak sesering itu jalan-jalan kok, kalaupun keluar kota biasanya hanya perjalanan dinas, dan saya punya beberapa teman yang travel log-nya jauuuhh lebih banyak dari saya. Mungkin untuk ukuran pekerjaan profesi, saya termasuk sering, kadang cuma sekedar weekend escape ke kepulauan seribu saja sudah berhasil me-refresh otak saya.

Jujur, saya sudah bosan berada di Jakarta, dan sekarang saya fokus untuk mencari pekerjaan di luar kota, tapi yaa dengan catatan apa yang saya dapat lebih banyak bila dibandingkan di Jakarta. Asal tau aja, mencari pekerjaan dokter gigi di kota besar lain dengan gaji yang layak sangatlah susaaahhh!

Kalau saya jalan-jalan, artinya saya jalan-jalan dengan biaya yang diusahakan seminim mungkin. Biaya apa saja yang bisa ditekan? berikut akan saya jelaskan:

1. Penginapan

Jujur, saya sebenarnya rada ribet dengan masalah penginapan, tapi selama kasur dan kamar mandi bersih, yang lain tidak jadi masalah buat saya. Di chinatown KL, saya mendapat hotel yang lokasinya enak, jaringan wi-fi ngebut, tempat tidur dan kamar mandi bersih walaupun kecil, tapiii lorongnya gelap, tv-nya gak ada siaran, gordennya berdebu, hahaha. yaaa...seperti kata pepatah lama, "ada mutu ada harga".

Photos of Alamanda Hotel Petaling Street, Kuala Lumpur
This photo of Alamanda Hotel Petaling Street is courtesy of TripAdvisor

Photos of Alamanda Hotel Petaling Street, Kuala Lumpur
This photo of Alamanda Hotel Petaling Street is courtesy of TripAdvisor

Hotel Alamanda di Petalling Street, daerah Chinatown, KL


Foto Irsia Bed & Breakfast, Kuala Lumpur
Foto Irsia Bed & Breakfast ini merupakan hak milik TripAdvisor


Irsia Bed and Breakfast di Bukit Bintang, KL (staf-nya ramaaaahh banget)

2. TransportasiBisa dibilang ini pengeluaran yang lumayan gede, palagi kalo jalan-jalan di wilayah Indonesia yang transportasi umumnya bisa dibilang wassalam, udalah susah, jelek, gak aman pula. Beberapa kota besar di Indonesia sih biasanya ada tempat penyewaan mobil, tapi tergolong mahal. Penyewaan motor sih saya jarang nemuin, palingan di Bali aja yang banyak. Angkutan umum kayak angkot atau bus gitu banyak sih, tapi kita mesti banyak nanya, dan gak jarang juga mesti gonta-ganti angkot. Ada yang bilang Indonesia itu bukan buat pejalan kaki, ada benernya juga sih ya, jaraaang banget saya liat trotoar yang nyaman disini, kalo gak dipake jualan ya disabotase motor, nasiiiibbb.

Gak cuma yang punya kios resmi, penyewaan motor di sepanjang jalan Kuta, Bali, juga banyak, dengan biaya sekitar 40-60 ribu rupiah perhari.

3. Rekreasi (tiket masuk, atraksi, dll)

Nah, kalo ini mah sebenernya optional aja ya, tergantung budget, kalau misalnya mampu bayar lebih untuk masuk Universal Studio Singapore, kenapa gak, tapi kalau keuangan pas-pasan, bersepeda atau jalan di taman kota juga bisa kok. Waktu saya ke KL bulan Agustus 2011, sebisa mungkin masuk ke tempat wisata yang gak bayar, atau kalaupun bayar gak lebih dari 10 RM, banyak juga kok yang bisa didapet, malah kita bisa melihat objek wisata dengan sudut pandang berbeda. Saya jadi tau kuil-kuil Hindu India yang berbeda dengan Hindu Bali.

Batu Cave, KL. cuma modal tiket kereta api bisa kok foto2 disini


4. Oleh-olehKira-kira siapa ya yang mencetuskan budaya oleh-oleh di Indonesia. Sering banget saya kalau ada rencana jalan-jalan, selalu dipesankan "oleh-oleh jangan lupa yaa". Begitu sampe tujuan, bingung deh lo mau beli oleh-oleh apa yaa. Kalo kemahalan kita yang mendadak kere', tapi kalo kemurahan takutnya gak kepake. Kalo saya sih pasti milih yang murah, biar lebih aman pilih aja makanan, kayak coklat, teh, kopi yang jadi khas daerah tersebut.

Pasar Sukowati, Bali, tempat beli oleh-oleh, tapi harus tega nawar aja setengah harga

Kayaknya itu aja sih yang kudu di hemat, kalo buat makanan kita disana, saya saranin gak papalah sekali-sekali bayar lebih buat makanan yang gak bakal kita temui di tempat tinggal kita. Waktu malem terakhir di KL, saya makan nasi briani di restoran Pakistan, mahal untuk ukuran budget makanan saya sebelumnya, tapi serius..rasanya enaaaaakkk banget, dan porsinya banyak, jadi sebelum makan, saya pisahin dulu makanan yang mau saya makan dan bungkus, yang dibungkus bawa pulang ke Indonesia, simpen di freezer, bertahan selama 3 hari. Bisa juga sebagai oleh-oleh.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Serba-serbi Blok Mandibular

I'm a dentist and I'm travelling

Saya dan APD gemesh-gemesh