Solo Traveling Menuju Wakatobi (bag. 3: A Place Called Tomia)

9 Maret 2013

Sekitar jam 8.00, saya mendengar suara orang udah rame, udah banyak yang sisiran, rapih-rapih, kayaknya bentar lagi sampe nih. Semalaman berada di kapal Wisata Indah 2, membuat punggung saya pegal bukan main. Bangun-bangun sudah hari Sabtu dan pulau Tomia sudah terlihat, yeaayyy.. Karena perairan sekitar Tomia masih surut, kapal belum bisa merapat, sekitar  1,5 jam terombang-ambing dulu, ditambah bau badan dan bau rokok dari sekeliling saya, jujur ini membuat mabuk laut saya muncul. Setelah kapal merapat, barulah kita diperbolehkan turun. Tadinya saya mau dijemput sama dr. Yudi, yang punya operator diving disini, tapi semalem sms kalau dia ada jadwal diving pagi. Untungnya Taufik dijemput oleh 2 orang, Ningsih dan Yadi, jadi saya dianter dulu.

Penginapan Abi Jaya yang sudah dipesan dr. Yudi tidak jauh dari pelabuhan, diluar ekspektasi saya, kamarnya bersih, luas, dengan kamar mandi dalam dan AC dan TV. Saya memutuskan mandi dan ganti baju dulu, udah dekil banget semaleman di kapal. Setelah rapih, kita ngobrol-ngobrol dan memutuskan hari ini untuk explore daratan, karena besok seharian saya mau ngelaut. Kedua teman saya di Tomia ini kayaknya tau banget tentang daerahnya, terutama Ningsih yang sering mengantar tamu-tamu keliling Tomia.

Kamar saya di penginapan Abi Jaya

Tempat pertama yang kita kunjungin adalah Goa Tewali, saya langsung mules ngebayangin mesti masuk-masuk goa lagi. Untungnya goa yang ini rada ramah, dari mulut goa juga udah keliatan telaga-nya. Gak basa-basi saya langsung nyebur, akhirnya berenang juga, walopun belom dilaut. Kata Taufik sih airnya gak setawar goa Lakasa. Sayangnya banyak bungkus sampo, odol, dan sabun di pinggir telaga, dalam hati mikir juga sih, ini kolam dipake mandi dan bersih-bersih, airnya ngalir kemana yaa?

Setengah jam udah cukup buat cebur-cebur, lanjut ke benteng Patuha. Disini tinggal sisa puing-puing benteng aja, gak jelas batasan mana yg jadi daerah perlindungannya. Kita pilih tempat sisi benteng secara random, yang ada meriamnya dan menghadap pantai, buat beristirahat sebentar, duduk-ngobrol-foto-ketawa. Dari atas benteng ini keliatan sih kalau laut Tomia itu warnanya cantik, gradasi dari bening kebiruan sampe biru gelap terlihat jelas, surgaaa!! Sejujurnya gak ada yang bisa dilakukan di benteng ini, sebelum keburu garing, beranjaklah kita dari sini.

Pemandangan Tomia dari atas benteng Patuha

Saya, Yadi, Taufik dan Ningsih di reruntuhan benteng Patuha

Tujuan berikutnya adalah pulau Onemoba’a, pulau tempat Wakatobi Dive Resort yang terkenal mahal itu berada. Pulau ini sebenarnya banyak penduduknya, tapi perkampungan tersebut berada di sisi yang berbeda dengan resort. Konon katanya pemilik resort ini berani bayar mahal supaya para nelayan gak ambil ikan di sekitar  resort dan gak ada kapal yang sembarangan lewat deket bibir pantai (alamaakkk, kumpenii!!). Tujuan kita adalah menepi di Puskesmas Onemoba’a yang letaknya dekat dengan resort, hal ini semata-mata karena Yadi adalah staf puskesmas disana, dan itu cuma alasan biar bisa mendekati resort, hehehe. Waktu lewat depan resort (jauh tapi yaaa!!), terlihat security langsung neropong ngawasin kapal kita, pas kapal udah menepi deket puskesmas, si pak security nyamperin, bilang kalo di resort lagi banyak tamu, jadi jangan lama2 di puskesmasnya, plus pake nganterin dan nungguin kita di puskesmas. Puskesmas ini bisa dibilang hanya bangunan saja, dengan barang seadanya, tanpa pegawai, dan tutup alias gak beroperasi karena terlalu jauhnya puskesmas dari perkampungan, dan akses menuju kesini yang tertutup. Pantes aja warga pulau males juga kesini.

Wakatobi Dive Resort, yang konon kesini aja kudu booking jauh-jauh hari dan pastinya mahaaalll :D

Saya dan Ningsih di pantai dekat Wakatobi Dive Resort

Karena ditungguin pak security, kita buru-buru deh balik lagi ke Tomia, ngejar sunset di puncak Kahyangan. Karena laper, kita beli makanan dulu di pasar sore Wa'iti Raya, termasuk makanan khas Tomia, Kasuami. Begitu sampe puncak, saya seakan terbius dengan pemandangannya. Suasana disini sangatlah romantiiisss. Rumput-rumput hijau bergoyang ditiup angin, ditambah pemandangan langsung menuju laut dan matahari terbenam, aiiihhh..coba abang Cesc Fabregas ada disamping saya waktu itu :D. Langsunglah kita duduk dan menggelar makanan sambil menatap matahari yang semakin turun. Mulut boleh makan, tapi pikiran melayang kalau suatu saat saya harus kesini lagi dengan orang tersayang, duduk sebelahan sambil liat sunset yang sempurna #eeaaa.. Sayangnya sunset hari ini tertutup awan, walaupun warnanya cantik, tetep aja lingkaran mataharinya gak sempurna. Serius deh, gak baik lama-lama disini, bikin galau, hehehe.

pasar sore Wa'iti Raya, enak nih beli kasuami sama pisang goreng disini

menunggu sunset di Puncak Kahyangan, bayangin kemping sama pasangan disini romantis banget kayaknya, mungkin lain kali

Setelah langit gelap, kita memutuskan untuk pulang ke Waha. Iseng saya tanya Ningsih, ada warung makan tempat kumpul-kumpul yang enak gak disini, yang ternyata gak ada (ya lo pikeir di jakartee meelll, hehehe). Malemnya dr. Yudi dateng ke penginapan saya (akhirnya saya tau juga wujudnya dr. Yudi yang terkenal itu :D), besok jadwal seharian bakal di kapal, diving dan snorkeling. Ya udah, berarti emang udah takdirnya saya istirahat menyambut kegiatan diving besok. Deg-degan cuuyy menanti diving pertama.